Jalan Berliku iPhone Sebelum Meraksasa



Meski bukan yang pertama, iPhone dinilai memicu tren ponsel layar sentuh. Berikut ekosistem aplikasi yang kuat dan memudahkan penggunanya.

Ingin tahu kisah menarik di balik kelahiran iPhone? Simak penjabaran berikut seperti disarikan detikINET dari Wired.

1. Steve Jobs Ingin Bikin Ponsel

Pada tahun 2002, beberapa saat sesudah iPod generasi pertama diluncurkan, Steve Jobs mulai berpikir untuk mengembangkan produk ponsel. Dia menilai Apple tidak mungkin terus mengandalkan iPod.

Dia menyadari suatu saat, ponsel akan menjadi perangkat utama yang punya banyak fitur dan meruntuhkan dominasi pemutar musik seperti iPod.

Namun kala itu masih banyak halangan. Apple harus mengembangkan sistem operasi yang benar-benar baru untuk ponselnya, karena OS iPod tidak memadai untuk menjadi sistem operasi ponsel.

Pada tahun 2004, bisnis iPod Apple mencakup 16% pemasukan bisnis Apple. Namun dominasinya makin terancam oleh ponsel yang menyediakan pemutar MP3 berkualitas bagus. Jobs pun mulai mendekati Motorola.

2. Pdkt ke Motorola

Jobs mendekati bos Motorola pada tahun 2004. Dia kenal dengan Ed Zander yang kala itu menjabat sebagai CEO Motorola. Rencananya, Apple akan mengembangkan software musik sedangkan Motorola bersama operator Cingular membuat hardwarenya.

Namun banyak hambatan terjadi, seperti ketiga perusahaan itu berdebat soal banyak hal. Prototipe pertama akhirnya dibuat pada akhir tahun 2004, sayang bentuknya tidak begitu bagus.

Akhirnya, Jobs memperkenalkan Motorola ROKR pada September 2005 yang dideskripsikan sebagai iPod dalam sebuah ponsel. Sayangnya, ROKR tidak bisa mendownload musik secara langsung dan hanya mampu menyimpan 100 lagu.

ROKR pun gagal menuai kesuksesan di pasar, konsumen tidak begitu menyukainya. Sehingga semakin memantapkan keinginan Jobs untuk memproduksi ponsel sendiri.

3. Cikal Bakal iPhone

Tahun 2005, Steve Jobs berdikusi serius dengan eksekutif operator Cingular yang kemudian diakuisisi oleh AT&T. Jobs mengklaim Apple punya teknologi untuk membangun sesuatu yang sungguh revolusioner, teknologi masa depan yang belum terbayangkan vendor lain.

Teknisi Apple memang telah bekerja lama mengembangkan teknologi touch screen. Didukung oleh dirilisnya chip ARM11 yang membuat  prosesor ponsel akhirnya beroperasi cepat dan efisien.

Jobs pun mulai mendekati kalangan operator untuk memasarkan iPhone. Terutama dengan Cingular. Bahkan Jobs sempat mempertimbangkan akan membangun jaringan selular sendiri untuk mendukung iPhone.

iPhone pun mulai dikerjakan dengan serius. Sebelum akhirnya siap diluncurkan.

4. Proyek Rahasia iPhone

Sembari menunggu deal dengan operator, Steve Jobs meminta para teknisi Apple bekerja ngebut untuk menyelesaikan iPhone. Banyak hambatan terjadi. Terutama sistem operasi apa yang akan digunakan.

iPhone OS bisa saja dibuat berbasis OS X, namun ukurannya harus jauh lebih kecil. Jobs sempat ditawari menggunakan Linux, namun dia ingin menggunakan OS buatan sendiri.

Prototipe iPhone pun mulai dibuat di mana Apple memulai proses memodifikasi OS X untuk iPhone. Apple bekerja sangat serius mengembangkan iPhone. Menurut sumber, Apple menghabiskan biaya sampai USD 150 juta untuk mengembangkan iPhone.

Proyek iPhone sendiri dilindungi ketat. Akhirnya pada awal tahun 2007, iPhone pun siap diperkenalkan kepada publik.

5. Perkenalan iPhone

Januari 2007, Steve Jobs memperkenalkan untuk pertama kali iPhone di perhelatan MacWorld. Dan enam bulan kemudian, iPhone resmi dijual.

iPhone generasi pertama memang hanya berjalan di jaringan EDGE milik operator AT&T. User juga tidak bisa merekam video dan browsernya tidak bisa menjalankan program yang ditulis di Java atau Flash.

Namun demikian, produk ini sukses besar. Ditunjang oleh ekosistem aplikasi yang solid di mana para developer bisa mengembangkan proogram untuk dijual di App Store.

Layar sentuhnya juga lancar dan sistem operasinya mudah digunakan. Sejak saat itu, iPhone menjadi salah satu smartphone terfavorit sampai sekarang.

6. iPhone dari Generasi ke Generasi

Sudah ada enam model iPhone diperkenalkan sampai tahun 2012 ini. Dan meski pesaing berat bermunculan, iPhone belum surut popularitasnya.

iPhone 5, generasi terbarunya, terjual 5 juta unit dalam 3 hari pemasarannya. Meskipun banyak yang menilai gadget ini kurang revolusioner mengingat bentuk dan fungsinya hampir sama dengan generasi terdahulu.

Yang pasti, ancaman Android juga mulai menggembosi iPhone. Android telah menjadi sistem operasi terpopuler di dunia meski iPhone masih menjadi merek ponsel terpopuler.

Tahun depan, Apple diprediksi akan memperkenalkan iPhone 5S. Kita lihat saja apakah iPhone masih mampu berjaya di waktu-waktu mendatang.

Source :http://inet.detik.com

Jalan Berliku iPhone Sebelum Meraksasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top