Metropolitan Area Network (MAN)



Layanan Metropolitan Area Network (MAN)
Menjepit turun definisi jaringan area metropolitan (MAN) adalah sedikit lebih sulit daripada menjepit turun definisi LAN. Namun, permukaan tema dari beberapa definisi beragam istilah. Secara umum, MAN hidup sampai namanya: skala untuk daerah metropolitan dan ini paling sering ditemukan di daerah metro besar. Meskipun tidak ada alasan teknis MAN yang tidak bisa digunakan di Huntington, Vermont, sampai sapi lokal memiliki persyaratan bandwidth yang lebih tinggi, itu tidak mungkin terjadi. Tapi teknologi MAN yang biasa di New York, Philadelphia, Atlanta, Los Angeles, dan kota-kota lebih kecil dengan populasi serendah 50.000-100.000. Hal ini juga membuat sebagian besar MAN layanan intraLATA.
Skala MAN berarti itu cukup konsisten layanan operator. LAN tidak. Sementara beberapa operator mulai menawarkan layanan LAN kepada pelanggan mereka, ini umumnya mengambil bentuk kegiatan IT outsourcing. Pengangkut datang dan menyebarkan sebuah LAN atas nama pelanggan. MAN A, di sisi lain, biasanya layanan jaringan bersama. Pengangkut membangun keluar layanan backbone, dan beberapa pelanggan berbagi fasilitas. Dalam hal ini, MAN adalah sepupu dekat ke WAN daripada LAN. Skala metro layanan MAN juga membuka pintu untuk kompetisi yang signifikan. Seorang operator tidak perlu membangun jaringan nasional yang luas untuk secara efektif bersaing dalam wilayah metro diberikan.
Secara historis, pelanggan telah menggunakan berbagai layanan untuk menyebarkan metro skala jaringan, termasuk jalur pribadi, SONET, frame relay, dan layanan ATM. Layanan ini juga ditemukan pada skala WAN. Untuk periode yang singkat pada pertengahan tahun 1990, industri main mata dengan layanan MAN didefinisikan disebut beralih Multimegabit layanan data (SMDS). SMDS meninggal kematian memalukan, namun.
Layanan lain MAN muncul pada awal-ke-pertengahan 1990-an, namun. Ini disebut transparan LAN layanan memberikan pelanggan sebuah handoff LAN asli di tempat mereka, tetapi menggunakan berbagai teknologi proprietary untuk membawa lalu lintas di wilayah metro. Mereka populer dengan pelanggan karena mereka menggabungkan keakraban lingkungan mereka LAN (kebanyakan Ethernet dan token ring) dengan skala metro pelanggan sedang mencari.

Pada awal 2000-an, kemajuan dalam Ethernet memungkinkan bagi operator untuk mulai morph layanan ini menjadi true end-to-end layanan Ethernet, yang merupakan tren saat ini. Bahkan, Ethernet dengan cepat menjadi teknologi MAN pilihan dan asli kemampuan Ethernet sedang ditambahkan ke teknologi pembawa tradisional, seperti SONET. Muncul teknologi seperti cincin paket tangguh (RPR) yang lebih meningkatkan persembahan ini metro.
Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN merupakan pilihan untuk membangun jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota. MAN dapat mencakup perusahaan yang memiliki kantor-kantor yang letaknya sangat berdekatan dan MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan bias disambungkan dengan jaringan televisi kabel. Jaringan ini memiliki jarak dengan radius 10-50 km. Didalam jaringan MAN hanya memiliki satu atau dua buah kabel yang fungsinya untuk mengatur paket data melalui kabel output.


Klik Gambar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEja7z-ogChKSpt6YhzdayybahlmoyRP2w4k9HXkjmrg0fZx2Ob0nEfrVFHaAttvLb7BTRIrIMmNgC03fce5pI5qKm0e8ofmLxtEyZzXlHxljNNgpvCfEDGINDtc0rd1Breq5SttPudfsobD/s1600/2-man.jpg

Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer yang biasanya mencakup sebuah kota atau kampus besar. Sebuah MAN biasanya interkoneksi sejumlah jaringan area lokal (LAN) dengan menggunakan teknologi tinggi-kapasitas backbone, seperti serat-optik link, dan menyediakan layanan up-link kejaringan area luas (atau WAN) dan Internet.
Klik Gambar


The IEEE 802-2002 standar menggambarkanMAN sebagai:
"MAN dioptimalkan untuk wilayah geografis yang lebih besar dari LAN, mulai dari
beberapa blok bangunan untuk seluruh kota. MAN juga dapat bergantung pada saluran komunikasi dari moderat ke tinggikecepatan data. MAN mungkin dimiliki dan dioperasikan oleh satu organisasi, tetapi biasanya akan digunakan oleh banyak individu dan organisasi. MAN juga mungkin dimiliki dan dioperasikanseperti utilitas publik. Mereka sering akan menyediakan sarana untuk internetworking jaringan lokal. "
Klik Gambar


mendefinisikan jaringan area metropolitan sebagai:
"Sebuah Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer besar yang mencakup area metropolitan atau kampus. Cakupan geografis Itsjatuh antara WAN dan LAN. MAN menyediakan konektivitas Internet untukLAN di wilayah metropolitan, dan menghubungkan mereka ke jaringan area yang lebih luas seperti Internet. "
Metropolitan Area Network (MAN)  biasanya mampu menunjang data teks dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel atau gelombang radio.MAN hanya memiliki sebuah atau dua buiah kabel dan tidak mempunyai elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel. Adanya elemen switching membuat rancangan  menjadi lebih sederhana.
Dalam hal ini jaringan komputer menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan LAN ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu: jaringan pada Bank (sistem Online Perbankan). Setiap bank tentunya memiliki kantor pusat dan kantor cabang. Di setiap kantor baik kantor cabang maupun kantor pusat tentunya memiliki LAN, penggabungan LAN – LAN di setiap kantor ini akan membentuk sebuah MAN.
http://nurmanto.com/wp-content/uploads/2011/02/iamges.jpg

Namun ada alasan utama untuk memisahkan MAN sebagai kategori khusus adalah telah ditentukannya standart untuk MAN, dan standart ini sekarang sedang diimplementasikan. Standart tersebut disebut DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standart IEEE. DQDB terdiri dari dua buah kabel unidirectional dimana semua komputer dihubungkan.
Keuntungan dan kerugian Metropolitan Area Network (MAN)  


Klik Gambar
Skema Jaringan Metropolitan Area Network (MAN)
Keuntungan Metropolitan Area Network (MAN)  :
  • Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
  • Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga, contoh ATM Bank unluk wilayah nasional)
  • Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting
    dan Video Conference (ViCon).
Kerugian Metropolitan Area Network (MAN)  :
  • Biaya operasional mahal.
  • Instalasi infrastrukturnya tidak mudah.
  • Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shooting).


Perlengkapan untuk Jaringan MAN
  •   HUB   
Hub adalah istilah umum yang digunakan untuk menerangkan sebuacentral connection point untuk komputer pada network. Fungsi dasar yang dilakukan oleh hub adalah menerima sinyal dari satu komputer dan mentransmisikannya ke komputer yang lain. Sebuah hub bisa active atau passive. Active hub bertindak sebagai repeater; ia meregenerasi dan mengirimkan sinyal yang diperkuat. Passive hub hanya bertindak sebagai kotak sambungan; ia membagi/memisahkan sinyal yang masuk untuk ditransmisikan ke seluruh network.Hub adalah central utnuk topologi star dan mengijinkan komputer untuk ditambahkan atau dipindahkan pada network dengan relatif mudah. Kapabilitas yang disediakan hub central utnuk topologi star dan mengijinkan computer untuk ditambahkan atau dipindahkan pada network dengan relatif mudah

  • modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkatkeras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer


Adapun syarat dari networking

Jaringan yang di hunbungkan oleh MAN bias di sebut internet atau interanet,sesuai dengan kondisinya IP(internet prortokol,ada yang bersifat dinamis (tidak tetap) dan ada yang bersifat statis (tetap).Intranet memiliki IP yang statis, sedangkan internet memiliki IP yang dinamis

syarat dari networking :
  • Lebih dari 1 PC
  • Data
  • Media Transmisi/ perangkat penghubung


Metropolitan Area Network (MAN) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top